Sabtu, 08 Oktober 2011

Konsep Strategi Pemasaran Bakso Pelangi Yumi

Dalam proses pemasaran yang kami lakukan, untuk mencapai penjualan yang baik kami sangat memperhatikan prinsip – prinsip pemasaran. Untuk mendapatkan respon positif bagi para konsumen potensial kami berusaha menjelaskan secara detail produk yang kami hasilkan dan menyediakan semua permintaan konsumen atas produk yang kami hasilkan. Dan kami pun menyediakan form kotak suara konsumen yang mana bila mereka memiliki saran atau kritik bagi kemajuan produk kami, kami akan mempertimbangkan masukan itu untuk menciptakan kenyamanan bagi semua konsumen. Hal itu kami pertimbangkan dari beberapa hal,

Dari sudut pandang konsumen:
  1. Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants),
Lain lidah tentu lain pula seleranya, untuk itu kami membuat bumbu bakso sesuai dengan pesanan pembeli. Saat ini kami baru merancang pembuatan bakso pelangi yumi dengan bahan utama daging sapi, tapi tidak menutup kemugkinan bila banyak konsumen yang mengisi form suara konsumen kami dan meminta untuk ditambah varian bakso, kami akan menambahkan varian bakso kami sesuai dengan permintaan pelanggan. Tapi tetap berpegang pada prinsip dan strategi pemasaran kami.
  1. Biaya konsumen (cost to the customer),
Kita sadari bahwasanya tidak semua orang mempunyai taraf ekonomi yang sama, dan kami ingin yang dapat menjadi pelanggan kami bukan hanya kalangan atas saja, untuk itu kami harus lebih cermat dalam perhitugan modal, biaya produksi serta laba dari hasil usaha kami.
  1. Kenyamanan (convenience),
Dalam mendekor tempat berjualan kami sangat memperhatikan kenyamanan pelanggan, melihat dari berbagai aspek penilaian pelanggan tentang tempat pelanggan kami. Tentu selain makanannya enak, tempatnyapun harus nyaman.
  1. Komunikasi (comunication).
Dengan adanya form suara konsumen, para pelanggan bisa langsung menyampaikan masukkannya kepada kami, selain itu para pelangganpu bisa berkomunikasi dengan kami melalui sarana internet seperti blog, facebook, ataupu twitter.

Sedangkan dari sudut pandang kami sendiri :
  1. Tempat yang strategis (place),
Pada mulanya kami memilih tempat yang sekiranya mudah dijangkau  oleh para pelanggan yang jadi sasaran pertama kami, seperti di kampus. Kami tetap memperhatikan kenyamanan pelanggan dengan batas kemampuan kami.
  1. Produk yang bermutu (product),
Tidak ada penjualan bila tidak ada kualitas, itu pedoman mutu kami. Kami menginginkan yag terbaik bagi pelanggan dan khususnya bagi berkembangnya produk kami ini.
  1. Harga yang kompetitif (price)
Kami menentukan harga setiap sajian produk kami ini secara cermat, dimana agar tercapainya keseimbangan antara pengeluaran dan pedapatan. Tidak mematok harga dan laba yang tinggipun dapat menunjang perkembangan penjualan produk dipasaran.
  1. Promosi yang gencar (promotion)
Selain melakukan promosi langsung dilapangan, kamipun memanfaatkan media internet yang sekarang sedang berkembang seperti blog, e-mail, dan jejaring social seperti facebook, twitter, mig33, dan media jejaring social lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar